Khasiat dan ciri daun kelor


Pohon kelor selami ini yang orang kenal pada umumnya cuma berguna sebagai sayur saja dan yang lebih khusu adalah cuma sebagi alat untuk melepas susuk yang ada pada tubuh seseorang. Namun dibalik itu semua ternyata ada khasiat yang cespleng buat obat yang dapat anda terapkan didapur cespleng anda. Dengan ciri dan khasiat sebagai berikut

BATANG

Pohon kelor mempunyai ketinggian batang 7—11 meter, dengan ciri batang berkayu (lignosus), posisi tegak, serta berwarna putih kotor, mempunyai kulit tipis, dengan permukaan kasar, dan ditandai dengan  percabangan simpodial, serta arah cabang tegak atau miring, dengan ciri  cenderung tumbuh lurus dan memanjang

DAUN

Dengan cirii daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil,dan daun majemuk, mempunyai tangkai panjang, dan tersusun berseling, dengan ciri beranak daun gasal (imparipinnatus), yang helai daun saat muda tampak  hijau muda, serta dapat dibuat sayur atau ramuan obat yang cespleng dan manjur.

BUNGA
Bunganya yang  berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau , serta dengan ciri  bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak

BUAH
Untuk ciri Buah kelor berbentuk segitiga memanjang kira 20 – 60 cm yang disebut kelentang, dengan ciri  buah muda berwarna hijau, dan pada saat tua menjadi cokelat, juga dapat disayur.

BIJI
Dengan bentuk biji bulat – berwarna coklat kehitaman, serta  berbuah setelah berumur 12 – 18 bulan

AKAR
Dengan Akar tunggang, yang berwarna putih, dan membesar sebagaimana lobak.



KANDUNGAN ZAT DAUN KELOR

Antioksidan

Pohon Kelor mempunyai kandungan 46 antioksidan kuat – senyawa yang melindungi tubuh terhadap efek yang merusak dari radikal bebas dengan menetralkannya sebelum dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

 Kandungan Senyawa Antioksidan yang terkandung dalam kelor adalah Vitamin (A, C,E, K, B (Choline),  B1 (Thiamin), B2 (Riboflavin),B3 (Niacin), B6) Alanine, Alpha-Carotene, Arginine, Beta-Carotene, Beta-sitosterol, Caffeoylquinic Acid, Campesterol, Carotenoids, Chlorophyll, Chromium, Delta-5-Avenasterol, Delta-7-Avenasterol, Glutathione, Histidine, Indole Acetic Acid, Indoleacetonitrile, Kaempferal, Leucine, Lutein, Methionine, Myristic-Acid, Palmitic-Acid, Prolamine, Proline, Quercetin, Rutin, Selenium, Threonine, Tryptophan, Xanthins, Xanthophyll, Zeatin, Zeaxanthin, Zinc.

Kelor menjadi sumber antioksidan alami yang baik karena kandungan dari berbagai jenis senyawa antioksidan sebagaimana askorbat acid, flavonoid, phenolic dan karotenoid (Anwar et al, 2005;. Makkar dan Becker, 1996). Tingginya konsentrasi asam askorbat, zat estrogen dan β-sitosterol, besi, kalsium, fosfor, tembaga, vitamin A, B dan C, α-tokoferol, riboflavin, nikotinik , asam folat, piridoksin, β-karoten, protein, dan khususnya asam amino esensial sebagaimana (Isoleusin, Leusin, Lisin, Metionin, Fenilalanin, Treonin, Triptofan, Valin.) terdapat dalam daun dan polong yang membuatnya menjadi suplemen makanan yang hampir ideal (Makkar dan Becker, 1996).

Periset dari Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar, menunjukkan bahwa daun kelor memanglah bermanfaat sebagai hepatoprotektor dengan kata lain pelindung hati. Baginya dokter juga herbalis di Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kelor memiliki kandungan antioksidan yang sangatlah tinggi serta sangatlah bagus untuk penyakit yang terkait dengan permasalahan pencernaan, umpamanya luka usus serta luka lambung. Minumlah rebusan daun kelor pada saat air hangat. Karena, dampak antioksidan masih kuat dalam situasi hangat.
Langkah penggunaan nya dengan merebus 3 tangkai ketika satu gelas air selepas itu minum airnya hangat hangat.

Faedah Daun Kelor

Daun kelor memiliki potensi sebagai obat cespleng yang sangatlah baik untuk melengkapi keperluan nutrisi pada badan. Dengan konsumsi daun kelor jadi keseimbangan nutrisi pada badan bakal tercukupi hingga orang yang konsumsi daun kelor bakal terbantu untuk tingkatkan daya serta ketahanan badannya. Lainnya itu, daun kelor juga bermanfaat untuk menangani beragam keluhan yang disebabkan lantaran kekurangan vitamin serta mineral seperti kekurangan vitamin A (masalah pandangan), kekurangan Choline (penumpukan lemak ketika liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering serta pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah serta masalah perkembangan ketika anak).

Faedah Bunga Kelor
Antimikroba, antibakteri, infeksi, flu, cacingan, sariawan, radang tenggorokan, antitumor, rematik, masalah saraf, sumber nutrisi, serta tonik.

Faedah Biji Kelor
Biji kelor bisa digunakan sebagai penjernih air. Lainnya itu, dapat juga dipakai sebagai kosmetik, ramuan – obatan, dan sumber minyak goreng nabati. Biji kelor yang telah kering memiliki kandungan 40 % lemak tak jemu hingga bisa dipakai sebagai salah satu alternatif minyak sawit.

Kulit Batang Kelor
Menangani karang gigi, masalah pencernaan, flu, sariawan, antitumor, rematik, detoksifikasi, penetralisir toksin ular dan kalajengking, sumber nutrisi, alat kontrasepsi serta afrodisiak.

Faedah Buah Kelor
Buah kelor di ketahui memiliki kandungan zat alkaloida morongiona yang berbentuk merangsang pencernaan makanan. Buah kelor dapat juga dimasak jadi sayur asam yang lezat.

Faedah Akar Kelor
Sebagai ramuan dalam, air rebusan akar kelor bisa mengobati reumatik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, serta gonorrhoea. Akar tanaman kelor ini dapat populer sebagai pelaruh air seni, pelaruh dahak atau ramuan batuk, peluruh haid, penambah nafsu makan serta pereda kejang.

Tumbukan halus akar kelor bisa di buat bedak untuk tapel perut ketika bayi yang anyar lahir, pencegah iritasi kulit, ramuan penyakit kulit, dan sebagai parem untuk bengkak – bengkak ketika penyakit beri – beri serta untuk penyembuhan kaki yang merasa pegal serta lemah.
Sisi apapun yang digunakan aman asal memerhatikan langkahnya.

BEBERAPA RAMUAN OBAT MENGGUNAKAN TANAMAN KELOR

Kelor Untuk Cholesterol Tinggi serta Diabetes Mellitus
Bahan : 3-5 Gagang daun kelor
Langkah Meramu : Daun kelor di rebus dengan 3 gelas air sampai air tersisa setengahnya. Lalu, air rebusan disaring serta diminum

Ketentuan Gunakan : diminum 2 x sehariDaun kelor dapat dibuktikan menyembuh kanpenyakit diabetes ini telah dibuktikan oleh Jaiswal Dolly, seseorang peneliti dari Departemen Kimia Kampus Allahabad, India, ini tunjukkan bukti bahwa kandungan yang ada ketika daun kelor lebih mujarab turunkan kandungan gula dara dibanding dengan Glipizide. Glipizide sendiri yaitu ramuan yang umum disarankan beberapa dokter untuk menyembuhkan kencing manis, Ekstrak daun kelor juga ampuh turunkan kandungan cholesterol jahat dalam darah.

Kelor Untuk Menyembuhkan Sakit Kuning

Bahan : 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu serta 1 gelas air kelapa hijau
Langkah Meramu : Daun kelor ditumbuk halus, di beri 1 gelas air kelapa serta disaring. Lalu ditambah 1 sendok makan madu serta diaduk hingga rata.
Ketentuan Gunakan : diminum, dandilakukan dengan cara teratur hingga sembuh.

Kelor Untuk Reumatik, Nyeri serta Pegal Linu

Bahan : 2-3 gagang daun kelor, 1/2sendok makan kapur sirih
Langkah Meramu : Ke-2 bahan itu ditumbuk halus
Ketentuan Gunakan : digunakan untuk obatgosok (param).
Kelor Untuk Menyembuhkan Rabun Ayam
Bahan : 3 gagang daun kelor
Langkah Meramu : Daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak serta disaring, Lalu digabung dengan madu serta diaduk hingga rata.
Ketentuan Gunakan : diminum saat sebelum tidur.

Kelor Untuk Menyembuhkan Sakit Mata

Bahan : 3 gagang daun kelor ;
Langkah Meramu : Daun kelor ditumbuk halus, di beri 1 gelas air serta diaduk hingga rata, Lalu didiamkan sesaat hingga ampasnya mengendap.
Ketentuan Gunakan : air obat itu digunakan sebagai ramuan tetes mata.

Kelor Untuk Menangani Sulit Buang Air Kecil

Bahan : 1 sendok sari daun kelor serta sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama.
Langkah Meramu : Beberapa bahan itu digabung serta ditambah dengan 1 gelas air, lalu disaring.
Ketentuan Gunakan : diminum sehari-hari.

Kelor Untuk Menyembuhkan Herpes (kurap), Bisul, serta Luka bernanah

Bahan : 3-7 gagang daun kelor
Langkah Meramu : daun kelor ditumbuk hingga halus.
Ketentuan Gunakan : ditempelkan ketika sisi yang luka sebagai ramuan luar.

Kelor Untuk Menyingkirkan flek ketika wajah

Daun kelor muda digiling/ditumbuk halus, jadikan bedak/digabung dengan bedak

Kelor Untuk Menghancurkan batu ginjal

Faedah yang lain yaitu untuk meluruhkan batu ginjal. Langkahnya di buat saja sayur daun kelor teratur sehari-hari serta teratur juga sepanjang satu bulan, Insyaallah batu ginjal cepat luruh serta keluar bersama ketika buang air kecil.

Kelor Untuk Menyembuhkan Cacingan

Bahan : 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran.
Langkah Meramu : seluruhnya bahan itu di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas, lalu disaring.
Ketentuan Gunakan : diminum.

KLASIFIKASI ILMIAH KELOR

Klasifikasi ilmiah yaitu langkah pakar biologi mengelompokkan serta mengkategorikan spesies dari organisme yang punah ataupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) adalah satu langkah memisah serta mengelompokkan makhluk hidup jadi kelompok atau unit spesifik.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat paling tinggi ke paling rendah (yang sekarang dipakai) yaitu Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), serta Spesies (Type).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat dan ciri daun kelor"

Post a Comment