Manfaat Daun Salam Buat Kolestrol Dan Diabetes

Manfaat Daun Salam Buat Kolestrol Dan Diabetes

Daun salam  merupakan jenis daun yang biasa digunakan untuk kebutuhan dapur, yang khasiatnya biasanya digunakan untuk campuran bumbu makanan biar terasa sedep dan mantap. Dan kebiasaan ini sudah turun temurun dari jaman nenek moyang kita bahwa daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu digunakan.

Karena kebiasaan itulah para ibu-ibu cuma menggunakan daun salam sebagai bumbu dapur semata, sebenarnya Manfaat dari daun salam itu sendiri banyak sekali tidak hanya untuk bumbu dapur semata.

Manfaat daun rempah yang satu ini dapat digunakan sebagai obat diare, sakit perut, kolesterol, maag akut sampai dibuat pasta gigi tradisional. Jadi, sudah terbukti dan teruji pemanfaatan daun tanaman Daun salam  tidak sebatas bumbu masakan saja.

Manfaat Daun salam  bagi kesehatan

Manfaat olahan daun Daun salam  untuk mengobati penyakit
Bagi anda yang hobi masak, manfaat daun Daun salam  kering untuk penyedap makanan tidak perlu diragukan lagi. Namun, tahukah anda jika daun Daun salam  liar memiliki rasa pahit serta bau kurang harum?

Khasiat Daun salam  Yang Bermanfaat


  •     Minyak esensial mengandung eugenol dan metil kavikol
  •     Ekstrak etanol sebagai anti-jamur serta anti-bakteri
  •     Ekstrak metanol sebagai anti-cacing
  •     Khasiat kimia Daun salam  meliputi flavonoida, tannin dan minyak atsiri


10 Kandungan  Dan Manfaat Daun salam  Bagi Kesehatan

1. Mengharumkan masakan

Campurkan daun segar maupun kering ke dalam masakan seperti daging, ikan, nasi atau sayur mayur agar aroma masakan lebih harum. Khasiat zat-zat alami di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengikutsertakan Daun salam  pada masakan anda.

2. Membuat gigi putih bersih


 Pasta gigi tradisional yang terbuat dari bahan herbal terbukti mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Jemur daun Daun salam  dan kulit jeruk sampai kering. Haluskan dengan ditumbuk kemudian campurkan keduanya bersama air. Aduk rata hingga berbentuk pasta seperti odol. Rasakan Kandungan  Daun salam  kering untuk memutihkan gigi secara alami melalui olahan pasta gigi tradisional.

Manfaat Daun salam  kering

Kegunaan  Daun salam  kering tidak hanya sebagai penyedap masakan


Manfaat Daun salam  kering


4. Menurunkan kolesterol dan diabetes

Sediakan 10 – 15 lembar daun yang masih segar, cuci sebentar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin lalu saring air rebusan Daun salam  tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol maupun diabetes cepat sembuh.

Manfaat Daun salam  untuk diet

Bagi anda yang memiliki masalah berat berlebih, manfaat Daun salam  untuk menurunkan berat badan bisa anda coba. Cuci 20 – 30 lembar daun kemudian rebus bersama 4 gelas air. Setelah tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing 1 gelas agar berat badan turun secara alami.

5. Mengobati kencing manis

Rebus 7 – 15 daun dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin kemudian minum sekaligus sebelum makan. Lakukan dua kali dalam sehari supaya Manfaat Daun salam  diserap oleh tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah


Sediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum rebusan Daun salam  sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.
teh herbal air rebusan  Daun salam

teh herbal air rebusan  Daun salam


Ilustrasi air rebusan daun Daun salam  menjadi teh herbal

7. Mengobati maag akut

Untuk anda yang menderita maag, manfaat Daun salam  dapat menjadi obat alami penyakit tersebut. Cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau (aren) secukupnya. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

Daun Salam Mengobati maag akut

8. Mengatasi mabuk alkohol

Kegunaan tanaman Daun salam  yang satu ini tidak memanfaatkan daunnya melainkan buahnya. Cuci satu genggam buah Daun salam  masak, tumbuk dan peras airnya. Saring air perasan buah Daun salam  kemudian minum agar mabuk akibat alkohol cepat hilang.

9. Meringankan sakit asam urat

Keringkan 10 lembar Daun salam  kemudian rebus bersama 10 gelas air. Tunggu hingga tersisa 7 gelas lalu minum air rebusan tersebut setelah dingin. Lakukan teratur setiap hari agar penyakit asam urat anda cepat sembuh.

10. Mengobati diare secara alami

Selain menggunakan buah jambu biji yang masih muda, daun Daun salam  juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Sediakan 15 lembar daun Daun salam  segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin. Minum air tersebut sekaligus agar diare cepat sembuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Salam Buat Kolestrol Dan Diabetes"

Post a Comment